SMA 1 Lumajang Menerapkan SKS, Siswa Sekolah Hanya Dua Tahun !
SMA 1 Lumajang Menerapkan SKS,

By Admin Smasa 02 Agu 2020, 11:34:39 WIB Pengumuman
SMA 1 Lumajang Menerapkan SKS, Siswa Sekolah Hanya Dua Tahun !

Gambar : SMA 1 Lumajang Menerapkan SKS, Siswa Sekolah Hanya Dua Tahun !


Pagi itu cuaca di Lumajang cukup sejuk. Semilir angin juga menyapa dengan lembut. Hal itu tak menyurutkan semangat guru dan karyawan SMA Negeri 1 Lumajang untuk beranjak dari kediaman masing-masing menuju aula sekolah yang beralamatkan di Jalan Ahmad Yani 7 Lumajang ini. Pada pagi itu (28/7) akan diadakan Workshop Implementasi Pelaksanaan Sekolah SKS. Riuh rendah obrolan santai menandai antusias yang tinggi sebelum acara dimulai.

Acara yang dimulai pukul delapan ini dihadiri oleh sekitar 70 guru dan karyawan SMA Negeri 1 Lumajang. Acara ini juga dihadiri oleh komite dan pengawas sekolah, Drs. Tatar Alisjahbana, M.M.. Dalam sambutannya, mantan kepala SMAN 1 Lumajang ini menyampaikan bahwa sekolah dengan Sistem Kredit Semester (SKS) harus memiliki prisip dasar, yakni fleskibel, keunggulan, maju berkelanjutan, dan keadilan.

Pemateri dari workshop ini didatangkan dari kota ujung timur pulau Jawa, Banyuwangi. Beliau adalah Mohamad Mujib, S.Pd., M.M. Sehari-hari pria yang berusia 54 tahun ini berprofesi sebagai Kepala SMA Negeri 1 Giri, Banyuwangi sekaligus ketua tim SKS Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Pembawaannya yang energik dan menyenangkan membuat peserta merasa semangat untuk mengikuti workshop dari awal hingga akhir.

Ke depan, SMA Negeri 1 Lumajang akan menerapkan SKS bagi pembelajaran siswanya. Sistem ini memungkinkan siswa menempuh pendidikan selama 2 tahun saja. Sistem ini juga memfasilitasi kompetensi serta bakat siswa secara penuh sehingga pembelajaran diharapkan semakin efektif.

Senada dengan hal tersebut, seluruh guru dan karyawan SMA Negeri 1 Lumajang mendukung program dari menejemen sekolah untuk menerapkan sistem SKS ini. Sama seperti sekolah pada umumnya yang bersistem pembelajaran paket, pembelajaran di SMA Negeri 1 Lumajang menyuguhkan 15 mata pelajaran dan siswa tidak dapat memilih mata pelajaran yang diminati dan dikuasai. Melalui pembelajaran dengan sistem SKS ini siswa tentunya dapat memilih mata pelajaran yang dikuasai alih-alih meningkatkan prestasi belajarnya.

Di akhir pemaparannya, pemateri, Mohamad Mujib, S.Pd., M.M., memberikan semangat “Guru yang bermutu ialah yang berinovasi dalam memberikan layanan bagi para siswa. Guru yang bermutu ialah yang tidak merasa lelah menghadapi siswa. Guru yang bermutu ialah yang sanggup menciptakan sekolah menjadi lebih bersinergi.” (Jk Ds)